10+ Soal Transformasi Galileo dan Jawaban [+Pembahasan]

Diposting pada

Tim Kimia Space telah merangkum contoh soal Transformasi Galileo dan Penyelesaiannya untuk Siswa dari berbagai penerbit buku yang berjumlah 10 butir. Dalam membantu mutu pendidikan di Indonesia kami selalu berkontribusi agar dapat siswa belajar dan paham hitungan soal terkait materi dari transformasi galileo (Bagian dari Teori Relativitas Khusus).

Soal Transformasi Galileo dan Pembahasan

1 – 10 Soal Transformasi Galileo beserta Jawabannya

1. Seorang penumpang kereta yang sedang berjalan dengan kecepatan 20 m/s melintasi seorang pria yang sedang berdiri diperon stasiun pada t’ = t = 0. Sepuluh detik setelah kereta tersebut melewatinya, pria diperon melihat seekor burung yang terbang dengan arah yang sama ke sepanjang lintasan kereta tersebut yang telah pergi sejauh 400 m. seperti apakah koordinat burung tersebut dipandang dari sisi penumpang kereta?

Pembahasan

soal transformasi galileo no 1

2. Seorang pengamat yang diam terhadap bumi, mengamati peristiwa tumbukan. Sebuah partikel bermassa m1 = 5 kg bergerak dengan kecepatan u1 = 2 m/s disepanjang sumbu x mendekati partikel kedua bermassa m2 = 1 kg yang bergerak dengan kecepatan u2 = -4 m/s disepanjang sumbu x. Setelah terjadi tumbukan, pengamat menemukan bahwa m2 memiliki kecepatan 4 m/s disepanjang sumbu x. Tentukan kecepatan m1 setelah tumbukan!

Pembahasan

soal transformasi galileo no 2

3. Sebuah mobil tanpa atap bergerak dengan kecepatan 200 kaki/s dan membawa seorang anak perempuan yang sedang melemparkan sebuah bola keatas dengan kecepatan 10 kaki/s. tulislah persamaan gerak (posisi sebagai fungsi waktu) untuk bola tersebut jika diamati oleh :

a. Si anak perempuan

b. Seorang pengamat yang sedag berdiri dipinggir jalan.

Penyelesaian 

soal transformasi galileo no 3

4. Percobaan Michelson – morley menggunakan sebuah interferometer dengan lengan-lengan sepanjang 12 m dan cahaya sodium dengan panjang gelombang 5900 Å. Percobaan tersebut akan menyingkap perubahan sebanyak 0,005 pinggiran. Berapakah batas teratas yang dapat dihasilkan oleh kenihilan yang menempatkan kecepatan bumi eter? Jika diketahui ΔN adalah 0,005.

Penyelesaian 

soal transformasi galileo no 4

5. Dari soal nomor 2, pengamat kedua O’, yang sedang berjalan disepanjang sumbu x dengan kecepatan 2 m/s relatif terhadap bumi mengamati peristiwa tumbukan yang dijelaskan dalam soal nomor 2 diatas. Bagaimanakah pengamatannya terhadap momentum system tersebut sebelum dan sesudah tumbukan?

Pembahasan

Dengan demikian, melalui transformasi galileo tersebut O’ mendapati bahwa besar momentum itu adalah tetap

soal transformasi galileo no 5

6. Koordinat ruang waktu untuk dua kejadian yang diukur oleh pengamat O adalah X1 = 6 x 104 m, Y1 = Z1 = 0 m, t’1 = 2 x 104 s dan X2 = 12 x 104 m, Y2 = Z2 = 0 m, t2 = 1 x 10-4 Berapakah seharusnya kecepatan O’ terhadap O jika O’ mendapati kedua kejadian tersebut berlangsung secara simultan?

Penyelesaian 

soal transformasi galileo no 6

7. Ketika diamati oleh O, sebuah lampu kilat diaktifkan dititik x = 200 km, y = 40 km, z = 5 km pada t = 8 x 10-4 bagaimana koordinat x’,y’,z’ dan t’ dari kejadian ini jika dipandang oleh pengamat kedua O’, yang bergerak relatif terhadap O dengan kecepatan -0,8 c disepanjang sumbu x-x’?

Pembahasan

Menurut transformasi lorentz

soal transformasi galileo no 7

8. Sebutkan postulat pertama dan postulat kedua Einstein!

Pembahasan

Postulat ke-1 relativitas khusus : “ Hukum-hukum fisika memiliki bentuk yang sama pada semua kerangka acuan yang bergerak dengan kecepatan tetap ( kerangka acuan inersial ) ”.

Postulat ke-2 relativitas khusus : “ Cahaya merambat melalui ruang hampa dengan cepat rambat c = 3,0 x 108 m/s, dan kelajuan cahaya tak bergantung pada kelajuan sumber cahaya maupun kelajuan pengamatnya ”.

9. Mengacu pada soal nomor 1, lima detik setelah membuat pengukuran koordinat pertama, pria yang berada diperon menandai bahwaburung tersebut pergi sejauh 450 m. berapakah kecepatan burung (asumsikan konstan) terhadap pria peron dan penumpang kereta.

Penyelesaian 

soal transformasi galileo no 9

10. Anggaplah bahwa sebuah partikel bergerak relatif terhadap O’ dengan kecepatan konstan sebesar c/2 dibidang x’,y’ sedemikin hingga lintasannya membentuk 60° terhadap sumbu x’. Jika kecepatan O’ terhadap O adalah 0,6 c disepajang sumbu x-x’, carilah persamaan gerak partikel tersebut jika ditinjau dari sudut pandang O.

Penyelesaian 

Persamaan-persamaan gerak yang ditentukan oleh O’ adalah

soal transformasi galileo no 10

Untuk memudahkan kamu membaca soal transformasi lorentz ini dapat mendownload File melalui link dibawah ini tertata rapi.
Google Drive

Gambar Gravatar
Assalamualaikum .wr. wb, Salam Sejahtera Saudaraku. Perkenalkan Saya Seorang Sarjana Pendidikan Kimia Lulusan Tahun 2018, Semoga anda dapat Menemukan Informasi Pendidikan, Materi dan Pelajaran ataupun Penyelesaian Soal Beserta Ebook di Halaman ini. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *