Buku Bahasa Inggris Kelas 9 Kurikulum 2013

Kali ini Tim Kimia Space akan berbagi buku Bahasa Inggris kelas 9 K.13 sebagai buku panduan untuk belajar disekolah maupun dirumah.

Bahan Pembelajaran Kontekstual Mata Pelajaran Bahasa Inggris (Buku Siswa Kelas IX) ini disusun berdasarkan Standar Isi (SI) Bahasa Inggris 2006 untuk membantu pengembangan kompetensi komunikatif siswa SMP/MTs Kelas IX. Kompetensi komunikatif tersebut diwujudkan lewat penguasaan empat keterampilan berbahasa (listening, speaking, reading dan writing) yang dikembangkan secara integratif.

Integrasi tersebut diimplementasikan dalam bentukpengembangan unit berdasarkan jenis teks, yaitu transactional, interpersonal, short functional texts dan genres.

Buku ini terdiri atas 8 unit dengan rincian seperti berikut:

Unit 1: Are sure about …?

Unit 2: How do you do it?

Unit 3: What a pity!

Unit 4: What are they?

Unit 5: Really?

Unit 6: What is it like?

Unit 7: Could you …?

Unit 8: Long, long time ago, there was …

Unit-unit ganjil mewadahi transactional, interpersonal, dan short functional texts, sedangkan unit-unit genap menyajikan genres seperti yang diamanatkan oleh Standar Isi Kelas IX. Setiap unit terbagi menjadi dua section.

Untuk unit-unit ganjil, Section One memuat transactional dan interpersonal texts, sedangkan Section Two memuat short functional texts. Untuk unit-unit genap, Section One terdiri atas Spoken Genre, dan Section Two berbentuk Written Genre.

Baca Juga : Buku IPA Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Fokus dari Section One adalah melatih siswa untuk menggunakan Bahasa Inggris secara lisan, sedangkan fokus dari Section Two adalah melatih siswa untuk menggunakan Bahasa Inggris secara tulis. Selanjutnya, masing-masing section disajikan dengan urutan presentation, practice, dan production.

Link Download Buku Bahasa Inggris Kelas 9 PDF

Buku Bahasa Inggris kelas 9 kurikulum 2013 .pdf – File size 4.59 MB

Google Drive

Baca Juga : Kategori Ebook

Dalam penyajian setiap unit di kelas, guru diharapkan untuk berkreasi mengembangkan materi yang ada. Dalam tahapan presentation, guru masih memegang kontrol atas kegiatan pembelajaran. Untuk tahapan practice guru sudah mengurangi perannya, sedangkan siswa diharapkan sudah mulai terlibat dalam kegiatan komunikatif.

Untuk tahapan production, guru sudah mulai memberikan kebebasan kepada siswa untuk menggunakan bahasa yang sedang dipelajari dalam unit tersebut. Pada tahapan ini diharapkan setiap siswa mendapatkan kesempatan untuk berpraktik menggunakan bahasa. Pada bagian penyudah setiap unit disajikan summary, evaluation, dan reflection. Vocabulary List diharapkan dapat membantu mengembangkan kosakata siswa secara bertahap.

Di samping itu, pada akhir buku diberikan glossary untuk menjelaskan beberapa konsep yang dianggap penting dalam buku Kelas IX ini. Akhirnya kami berharap agar bahan ajar ini dapat digunakan dalam membantu siswa untuk mulai mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris baik secara lisan maupun tertulis.

This post was last modified on Oktober 31, 2019 3:33 am