Download Buku Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 12

Diposting pada
Pendidikan Agama Islam Kelas XII
Pendidikan Agama Islam Kelas XII

Buku Pendidikan Agama Islam untuk SMA Kelas XII menjadi buku pelajaran Agama Islam terakhir yang Anda gunakan di jenjang SMA ini. Buku ini hadir sebagai upaya penulis untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Inilah bentuk tanggung jawab penulis kepada bangsa dan negara kita tercinta. Sebagai generasi muda, Anda pun memiliki tanggung jawab kepada bangsa kita. Tanggung jawab tersebut berupa kewajiban berbakti kepada bangsa sebagai bentuk ibadah kita kepada Allah Swt. Untuk itulah, Anda harus memiliki pijakan karakter diri yang kuat. Terlebih lagi di usia Anda sekarang ini yang sedang diliputi keceriaan masa remaja.

Rasulullah bersabda, ”Bukanlah orang muda orang yang mengatakan inilah bapakku. Seorang muda adalah orang yang mengatakan inilah aku.” Pesan Rasulullah ini terasa relevan sepanjang waktu. Pesan itu merupakan tantangan untuk semua generasi muda untuk membuktikan kemampuan dirinya. Untuk menjadi generasi muda yang berprestasi Anda hanya perlu memiliki kepribadian yang kuat sekaligus mental yang kuat pula.

Suatu hari, kaum kafir Quraisy sudah mulai putus asa dengan perkembangan Islam di Mekah. Pengaruh Muhammad yang membawa agama baru semakin terasa di kalangan masyarakat. Setelah berembuk, mereka mengutus beberapa orang untuk menemui Muhammad. ”Hai Muhammad, hentikanlah dakwahmu mengajak warga mengikuti agamamu.

Bagaimana kalau kita saling berbagi. Satu hari kami menyembah Tuhanmu dan satu hari engkau menyembah Tuhan kami?” Muhammad Rasulullah yang mendengar tawaran seperti itu menolak dengan halus. Selanjutnya, turunlah ayat 1–5 Surah al-Kafirun [109]. Bagaimanakah sebenarnya cara kita bersikap kepada orang-orang non-Islam? Inilah yang akan kita bahas pada bab ayat-ayat toleransi ini.

Allah Swt. dan rasul-Nya menganjurkan umat Islam bertoleransi dalam bidang muamalah, yaitu hal-hal yang menyangkut kemanusiaan dan tolong-menolong. Misalnya bersama-sama membangun jembatan, menengok ketika ada yang jatuh sakit, bergotong royong membangun rumah, menolong pemeluk agama lain yang tertimpa musibah, dan kegiatan masyarakat lainnya.

Hal ini dicontohkan Rasulullah yang menghormati jenazah Yahudi yang lewat dihadapannya. Namun, dalam bertoleransi kita tidak boleh mencampuradukkan masalah akidah. Akidah merupakan bagian esensial atau inti dari suatu agama. Agar tidak terjadi kebiasaan mencampuraduk akidah Allah menurunkan Surah al-Kafirun [109] sebagai pedoman dalam bertoleransi tersebut.

Link Download Buku Pendidikan Agama Islam Kelas 12 SMA PDF:

Bahasa Indonesia

Kelas 12 Pendidikan Agama Islam.pdf – File size 2.76 MB

Google Drive

Bahasa Inggris

Unavailable.pdf –  File size – MB

Google Drive

Tag : ebook gratis Pendidikan agama islam kelas 12 pdf, download Buku PAI kelas 12 pdf, baca online buku pendidikan agama Kelas xii pdf

Gambar Gravatar
Assalamualaikum wr.wb. Selamat belajar dan mengerjakan tugas.^^PS : Tidak perlu bermimpi menjadi orang terkenal atau menginsipirasi, cukup menjadi individu yang bermanfaat untuk orang lain, Insha Allah kamu akan menemukan jalanmu.. Karena setiap orang memiliki tanggung jawab, peranan dan beban yang harus dipikul. Oleh sebab itu lakukanlah yang terbaik untuk membuat orang tuamu bangga. Terutama kaum muda yang masih memiliki semangat juang yang tinggi, inilah saatnya kamu bekerja keras dan belajar dengan sungguh-sungguh!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *