10+ Soal Teori Relativitas Khusus dan Jawaban

Diposting pada

Contoh Soal Teori Relativitas Khusus dan Jawaban – Relativitas khusus atau teori relativitas khusus adalah teori fisika yg diterbitkan pada 1905 oleh Albert Einstein. Teori Relativitas Khusus merupakan bentuk persamaan fisika akan selalu sama walaupun diamati dalam keadaan bergerak. Konsep kedua menyebut bahwa kelajuan cahaya dalam ruang hampa selalu sama untuk semua pengamat dan tidak bergantung pada gerak sumber cahaya maupun pengamatnya (dengan kecepatan cahaya c = 3×108 m/s).

Soalkimia.com telah merangkum contoh soal Teori Relativitas Khusus dan Penyelesaiannya untuk Siswa dari berbagai penerbit buku yang berjumlah 10 butir. Dalam membantu mutu pendidikan di Indonesia kami selalu berkontribusi agar dapat siswa belajar dan paham hitungan dalam berbagai mata pelajaran.

Soal Teori Relativitas Khusus dan Jawaban

1 – 10 Soal Teori Relativitas Khusus Beserta Jawaban

1. Berapakah kelajuan roket yang loncengnya berjalan 1sekon terlambat dalam 1 jam relatif terhadap lonceng di bumi?

Penyelesaian

Dalam hal ini tο = 3600s ialah selang waktu proper di bumi dan t = 3601 s ialah selang waktu dalam kerangka bergerak. Kita selesaikan sebagai berikut.

soal relativitas khusus no 1

2. Galaksi jauh dalam konstelasi Hydra menjauhi bumi dengan kelajuan 6,12 x 10^7m/s, berapa pergeseran garis spectral hijau dengan panjang gelombang 500nm yang di pancarkan oleh galaksi ini (ke arah merah dari spektrum itu) ?

Penyelesaian

soal relativitas khusus no 2

3. Carilah massa electron me = 9,1×10-31kg yang berkecepatan 0,99c !

Penyelesaian

soal relativitas khusus no 3

4. Suatu benda yang mula-mula diam tiba-tiba meledak jadi 2 bagian yang masing-masing bermassa 2kg dan bergerak saling menjauhi dengan kelajuan 0,8c. Carilah massa diam semula!

Pembahasan 

kita hitung dengan menggunakan hukum kekekalan energi relativistik

energi awal = energi akhir

m₀.c² = γm₀₁.c² + γm₀₂.c²

kedua ruas kita bagi dengan c², dan

karena benda pecah dengan massa sama dan kecepatan sama maka:

m₀ = γm₀₁ + γm₀₂

m₀ = 2γm₀₁

untuk kelajuan 0,8c maka  γ = 10/6

m₀ = 2.(10/6).(2)

     = 40/6

     = 6,67 kg

5. Jika kelajuan cahaya lebih kecil daripada c, apakah gejala relativistic akan lebih mudah diamati dari yang sekarang?

Pembahasan 

Iya, karena tidak ada benda yang melebihi kecepatan cahaya selain foton. Semakin kecil kelajuan benda dari kelajuan cahaya, maka maikn mudah diamati.

Baca Juga :  Soal Massa, Momentum, Usaha dan Energi Relativistik

6. Berapa kelajuan pesawat angkasa bergerak relatif terhadap bumi supaya sehari dalam pesawat sama dengan 2 detik di bumi?

Penyelesaian

soal relativitas khusus no 6

7. Cari kelajuan pesawat angkasa yang loncengnya berjalan 15 detik lebih lambat tiap jam relatif terhadap lonceng di bumi!

Penyelesaian

soal relativitas khusus no 7

8. Sebuah pesawat angkasa yang menjauhi bumi pada kelajuan 0,97c memancarkan data dengan laju 104 pulsa/sekon. pada laju berapa data tersebut diterima?

Penyelesaian

soal relativitas khusus no 8

9. Garis spectrum yang panjang gelombang di laboratoriumnya 400nm tergeser menjadi 600 nm pada spectrum suatu galaksi yang jauh. Berapakah kelajuan menjauhi galaksi itu?

Penyelesaian

soal relativitas khusus no 9

10. Seorang astronot yang tingginya 6 ft di bumi, berbaring sejajar dengan sumbu pesawat angkasa yang bergerak dengan kelajuan 0,9c relatif terhadap bumi. Berapakah tinggi astronot jika di ukur oleh pengamat dalam pesawat tersebut!

Pembahasan 

soal relativitas khusus no 10

Untuk memudahkan kamu membaca soal relativitas khusus ini dapat mendownload File melalui link dibawah ini tertata rapi.

Google Drive

Sudah selesai membaca dan berlatih Soal Teori Relativitas Khusus ini ? Ayo lihat dulu Daftar Soal Fisika lainnya

Gambar Gravatar
Assalamualaikum wr.wb. Selamat belajar dan mengerjakan tugas. Lakukanlah terbaik yang kamu bisa, berbagai usaha, pengalaman dan latihan yang kamu lakukan saat ini, pasti bukanlah hal yang sia-sia di waktu yang akan datang.Tetap semangat ya belajarnya.. saya mendoakan yang terbaik untuk kamu yang rajin belajar.. :)

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *