Ebook Evaluasi Program pendidikan

Diposting pada

Download Buku Pengantar Evaluasi Program pendidikan Bahasa Indonesia

Download Ebook Evaluasi Pendidikan

Evaluasi berasal dari kata “evaluation” (bahasa Inggris), kata tersebut diserap ke dalam perbendaharaan dalam bahasa Indonesia dengan tujuan mempertahankan kata aslinya dengan penyesuaian lafal Indonesia (Arikunto dan Jabar, 2009:1). Selanjutnya dijelaskan keduanya bahwa evaluasi adalah kegiatan untuk mengumpulkan informasi tentang bekerjanya sesuatu, yang selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk menentukan alternatif yang tepat dalam mengambil keputusan.

Scriven dalam Stufflebeam dan Shinkfield (2007:369) mendefinisikan evaluasi yaitu: evaluation is the process of determining the merit, worth, and value of things and evaluation are the products of the process. Evaluasi adalah suatu proses menentukan manfaat, harga, dan nilai dari sesuatu dan evaluasi adalah produk dari proses tersebut. Dengan kata lain evaluasi adalah produk dari proses menentukan manfaat dan nilai dari sesuatu.

Produk itu berbentuk temuan-temuan yang ditulis dalam bentuk laporan. Kifer (1995:384) mendefinisikan evaluasi sebagai penyelidikan untuk menentukan nilai atau manfaat (worth) suatu program, produk, prosedur atau proyek. Selanjutnya Madaus dkk (1987:24) memaparkan evaluasi adalah studi yang dirancang dan dilaksanakan untuk menilai (judge) dan meningkatkan manfaat program yang dievaluasi.

Briekerhoff dkk (1986:ix) menyatakan bahwa evaluasi merupakan proses yang menentukan sejauhmana tujuan pendidikan dapat dicapai dan dalam pelaksanaannya evaluasi tersebut fokus pada tujuh elemen yang harus diperhatikan yaitu :

  • Penentuan fokus yang akan di evaluasi
  • Penyusunan desain evaluasi
  • Pengumpulan informasi
  • Analisis dan interpretasi informasi.
  • Pembuatan laporan
  • Pengelolaan evaluasi
  • Evaluasi untuk evaluasi atau meta evaluasi.

Download Buku Evaluasi Program pendidikan Versi Indonesia :

Pengantar evaluasi program pendidikan.pdf – File size 1.14 MB

Google Drive | Zippyshare Mirrorcreator

Download Buku Evaluasi Program pendidikan Versi English :

Educational Research Planning, Conducting, and Evaluating cresswell.pdf- File size 8.6 MB

Google Drive | Zippyshare Mirrorcreator

Tag :  ebook Evaluasi Program pendidikan, buku Evaluasi Program pendidikan umum, buku dasar Evaluasi Program pendidikan

Gambar Gravatar
Semua manusia itu pintar.. Namun yang membedakannya proses kecepatan belajar. pada suatu saat ada peserta didik yang belajar dalam 1-3 pertemuan. ada juga yang membutuhkan 3 pertemuan lebih untuk dapat memahami materi... Dengan kata lain, Belajar tergantung kondisi dan keadaan seseorang untuk memahami materi. baik itu cuaca, suasana, perasaan dan lingkungan yang mempengaruhi. Maka temukanlah kondisi terbaik dirimu untuk belajar. Jika kamu tidak mengerti materi yang diajarkan gurumu hanya saja kamu belum menemukan kondisi terbaik untuk belajar. Karena tidak ada manusia yang bodoh hanya saja malas atau tidak fokus.

2 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.