Soal Hubungan Peradaban Dunia dengan Perkembangan Kebudayaan Indonesia

Diposting pada

Contoh Soal Hubungan Peradaban Dunia dengan Perkembangan Kebudayaan Indonesia (Sejarah Kelas 10) dan Jawaban – Peradaban merupakan tahap kebudayaan tertentu dan telah maju yang bercirikan  penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan lain-lain. Masyarakat memiliki  peradaban yang berbeda-beda satu sama lain. Peradaban mengacu pada kehidupan yang nyaman. Indikator peradaban sebagai berikut; 

  • Organisasi sosial 
  • Berkebudayaan tinggi 
  • Cara berkehidupan yang sudah maju.
Soal Hubungan Peradaban Dunia dengan Perkembangan Kebudayaan Indonesia

1 – 10 Soal Hubungan Peradaban Dunia dengan Perkembangan Kebudayaan Indonesia

1. Sejak kapan manusia itu mengenal kebudayaan material? Berilah pendapatmu tentang hal itu !

Jawaban : 

Manusia mulai mengenal kebudayaan material (benda) ketika mereka mulai membutuhkannya. Kebudayaan material yang mereka kenal pada awalnya berupa alat-alat yang dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti peralatan berburu, peralatan untuk mengumpulkan makanan atau meramu. Awalnya peralatan yang mereka buat masih sangat sederhana, yakni terbuat dari batu atau tulang. Peralatan itu digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan hidupnya seperti berburu dan meramu makanan.

2. Jelaskan mengenai ciri-ciri manusia/masyarakat prasejarah serta alat-alat yang digunakan pada masa berburu dan meramu tingkat awal !

Jawaban : 

Ciri-cirinya :

  • Hidupnya tergantung kondisi alam (baik iklim maupun sumber
    daya alam)
  • Berpindah-pindah tempat (nomaden)
  • Tinggalnya di gua-gua payung atau tepi pantai
  • Mulai membuat lukisan gores pada dinding gua untuk mewariskan
    pengalaman dan pengetahuannya
  • Membuat alat bantu sederhana dari batu atau tulang. Contohnya:
    kapak Sumatera dan kapak pendek

3. Mengapa kebudayaan dari batu disebut dengan kebudayaan Bacson-Hoabinh?

Jawaban : 

Istilah Bacson-Hoabinh ini dipergunakan sejak tahun 1920-an, yaitu untuk menunjukkan suatu tempat pembuatan alat-alat batu yang khas dengan ciri dipangkas pada satu atau dua sisi permukaannya. Ciri khas alat batu kebudayaan Bacson-Hoabinh adalah penyerpihan pada satu atau dua sisi permukaan batu kali yang berukuran lebih kurang satu kepalan, dan sering kali seluruh tepiannya menjadi bagian yang tajam.

Hasil penyerpihannya itu menunjukkan berbagai bentuk seperti
lonjong, segi empat, dan beberapa diantaranya ada yang mempunyai
bentuk berpinggang. Disamping alat-alat dari batu yang berhasil
ditemukan, juga ditemukan alat-alat serpih, batu giling dari berbagai
ukuran, alat-alat dari tulang dan sisa-sisa tulang belulang manusia
yang dikuburkan dalam posisi terlipat serta ditaburi zat warna merah. 

4. Jelaskan mengenai bagaimana perkembangan budaya India di Indonesia !

Jawaban : 

Upaya-upaya yang dilakukan orang-orang India dalam penyebaran kebudayaannya sangat berbeda, yaitu melalui hasil-hasil karya sastra. Hasil karya sastra berbahasa Sansekerta dan Tamil, sudah lama berkembang di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Munculnya kota-kota pusat perdagangan di wilayah Indonesia pada awalnya hanya sebagai tempat peristirahatan bagi para pedagang yang telah menempuh jarak yang cukup jauh.

Semakin lama semakin ramai kegiatan perdagangan yang membawa dampak terhadap perkembangan budaya India di wilayah Indonesia. Bahkan pengaruh India di wilayah Indonesia. Pengaruh India berhasil masuk ke Indonesia dibuktikan dengan keberadaan masyarakat Indonesia yang beagama Hindu dan Budha, serta berdirinya kerajaan-kerajaan di Indonesia seperti kerajaan Kutai, Tarumanegara, Holing dll.

5. Jelaskanlah teknik pembuatan alat dari logam terutama patung dengan menggunakan a cire perdue !

Jawaban : 

Teknik a cire perdue :

  • Benda yang dikehendaki dibuat terlebih dahulu dari lilin, lengkap dengan segala bagian-bagiannya.
  • Model dari lilin itu kemudian ditutup dengan tanah.
  • Dengan jalan dipanaskan maka selubung tanah ini menjadi keras,
    sedangkan lilinnya menjadi cair dan mengalir keluar dari lubang yang ada di dalam selubung tadi.
  • Jika lilinnya telah habis, maka dituangka logam cair ke dalam ruang bakar tempat lilin tadi. Dengan demikian, logam itu menggantikan model lilin tadi.
  • Setelah dingin, selubung tanah dipecah dan keluarlah benda yang dikehendaki dan telah terbuat dari logam, bukan lilin.

Simak Juga : Contoh Soal Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia

6. Jelaskan mengenai ciri-ciri manusia/masyarakat prasejarah serta alat-alat yang digunakan pada masa bercocok tanam tingkat awal (food producing)!

Jawaban : 

Ciri-cirinya adalah :

  • Hidup berkelompok
  • Muncul kegiatan kehidupan perkampungan
  • Populasi penduduk meningkat
  • Mulai meningkatkan pemanfaatan gerabah dan alat-alat bantu kerja lainnya. Misalnya penggunaan gerabah sebagai pendukung upacara adat atau tradisional lainnya
  • Alat-alat yang digunakan adalah beliung persegi yang yang mendapat pengaruh kebudayaan dari Asia dan Polinesia
  • Ada pembagian fungsi berbagai alat bantu. Alat-alat yang terbuat dari batu obsidian dipakai sebagai alat pertanian. Mata panah digunakan untuk alat bantu berburu

7. Selain kepercayaan Animisme dan Dinamisme yang berkembang di negara kita, berbagai wujud kepercayaan lain juga muncul dan berkembang sampaisaat ini. Sebutkan kepercayaan-kepercayaan yang lainnya !

Jawaban : 

Kepercayaan yang lainnya adalah :

  • Fetisisme → kepercayaan adanya jiwa dalam benda tertentu (dalamkeris, batu mulia, atau akik)
  • Animatisme → kepercayaan bahwa benda-benda dan tumbuhan itu berjiwa dan berfikir seperti manusia
  • Totemisme → kepercayaan kepada binatang sebagai totem atau lambang dari dewa nenek moyang baik berupa binatang maupun benda
  • Syamanisme → kepercayaan akan adanya orang yang dapat menghubungkan manusia dengan roh. Dalam kehidupan seharihari syaman dapat pula berarti dukun

8. Jelaskanlah secara singkat mengenai kebudayaan Bacson-Hoabinh !

Jawaban : 

Wilayah Indo Cina yang jauh letaknya ternyata turut mempengaruhi kebudayaan batu yang muncul di Indonesia. Penelitian yang dilakukan di pegunungan Bacson-Hoabinh, telah menemukan alat-alat batukehidupan masyarakat prasejarah. Alatalat yang ditemukan tersebut menunjukkan suatu kebudayaan Mesolithikum. Pebbles (kapak sumatra) dan kapak pendek merupakan salah satu jenis hasil budaya yang ditemukan di pegunungan tersebut. Selain itu, ditemukan juga sejumlah alat-alat tulang

9. Jelaskan mengenai teknik pembuatan alat dari perunggu terutama patung dengan menggunakan teknik bivalve atau teknik setangkup !

Jawaban : 

Teknik bivalve atau teknik setangkup cara membuatnya adalah : Teknik ini memakai dua buah cetakan yang bisa ditangkupkan. Pada alat cetakan bagian atas diberi lubang untuk menuangkan cairan perunggu kedalamnya. Apabila perunggunya terlihat sudah dingin, maka alat cetakan kemudian dibuka dan jadilah peralatan perunggu.

Untuk membuat peralatan yang berongga, maka digunakan tanah liat sebagai inti yang akan membentuk rongga setelah tanah liat ini dihilangkan. Alat ini bisa digunakan berkali-kali, sehingga bisa memproduksi peralatan perunggu yang banyak jumlahnya. Ciri khas peralatan yang dihasilkan dengan teknologi ini adalah terdapat garis sepanjang pertautan kedua bagian yang menagkup

10. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk merunut hubungan india dengan perkembangan masyarakat awal di kepulauan Indonesia (pengaruh budaya), sebut dan jelaskan !

Jawaban : 

Pengaruh tersebut adalah :

Pengaruh di bidang peralatan

Bukti tertua yang bisa menunjukkan hubungan Indonesia dengan India adalah ditemukannya gerabah India dengan hiasan rolet di Kendal, Jawa Tengah dan Cibadak Jawa Barat. Pada masa bercocok tanam, pembuatan gerabah semakin meningkat. Gerabah pada masa perundagian dikelompokkan menjadi tiga kompleks tradisi yaitu: tradisi gerabah Buni, tradisi gerabah Gilimanuk, tradisi gerabah Kalumpang. Pengaruh India bagi perkembangan masyarakat di Indonesia semakin meningkat, ketika masuk pada tarikh masehi.

Pengaruh di bidang kebahasaan

Menurut pakar bahasa, ada hubungan yang erat antara rumpun bahasa Austria (yang menjadi sumber bahasa melayu di kawasan Asia Tenggara) dengan rumpun bahasa Munda dari India. Saat kebudayaan India mulai masuk ke Indonesia, migrasi-migrasi bangsa-bangsa dari utara telah berakhir. Sementara itu, di Indonesia penduduknya terbagi ke dalam dua kelompok. Pertama, mereka yang masih mempertahankan kemurnian induk bangsanya seperti Batak di Sumatera, Dayak di Kalimantan, Alfuru di Sulawesi dan Maluku. Kedua, orang melayu pantai yang beragam seperti melayu Sumatera, Jawa, Sunda, Madura dan Bali. Kelompok penduduk pertama semakin terdesak saat pengaruh India mulai intensif masuk ke Indonesia.

Sudah selesai membaca dan berlatih Soal Hubungan Peradaban Dunia dengan Perkembangan Kebudayaan Indonesia ini ? Ayo lihat dulu Soal Sejarah lainnya

Gambar Gravatar
Assalamualaikum wr.wb. Selamat belajar dan mengerjakan tugas. Lakukanlah terbaik yang kamu bisa, berbagai usaha, pengalaman dan latihan yang kamu lakukan saat ini, pasti bukanlah hal yang sia-sia di waktu yang akan datang.Tetap semangat ya belajarnya.. saya mendoakan yang terbaik untuk kamu yang rajin belajar.. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *