Contoh Soal Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia dan Jawaban

Diposting pada

Contoh Soal Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia (Sejarah Kelas 10) dan Jawaban – Menurut ilmu geologi (ilmu yang mempelajari kulit bumi) perkembangan bumi dari awal terbentuknya sampai dengan sekarang, terbagi menjadi beberapa zaman yaitu :

  • Zaman Archaikum
  • Zaman Paleozoikum
  • Zaman Mesozoikum
  • Zaman Neozoikum

Kehidupan manusia prasejarah dapat di ketahui melalui berbagai fosil. Berdasarkan penelitian manusia tersebut telah memiliki kemampuan untuk mengembangkan kehidupan walaupun masih sangat sederhana dan kemampuan berfikir terbatas.

Contoh Soal Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia dan Jawaban

1 – 10 Contoh Soal Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia dan Jawaban

1. Apakah alasan Prof. Moh. Yamin menyebutkan bahwa asal bangsa Indonesia adalah dari daerah Indonesia sendiri? Apa bukti-buktinya?

Jawaban : 

Prof. Moh. Yamin menentang semua pendapat yang dikemukakan oleh para ahli. Dia berpendapat bahwa asal bangsa Indonesia dari daerah Indonesia itu sendiri.

Bahkan bangsa lain yang ada di wilayah Asia ada yang berasal dari daerah Indonesia. Pendapatnya didukung oleh suatu pernyataannya tentang Blood Und Breden Unchro yang berarti darah dan tanah bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri. Ia menyatakan bahwa fosil dan artefak itu lebih banyak dan lebih lengkap ditemukan di Indonesia dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya di Asia. Misalnya Wajakensis, dll

2. Bagaimanakah keadaan bumi pada awal munculnya makhluk manusia?

Jawaban : 

Sebelum zaman es atau glasial, wilayah Indonesia bagian barat menjadi satu dengan daratan Asia dan wilayah Indonesia bagian timur menjadi satu dengan daratan Australia. Keadaan seperti ini sangat besar pengaruhnya terhadap kehidupan flora dan faunanya.

Namun, naiknya air laut karena mencairnya es di daerah kutub, mengakibatkan wilayah Indonesia dipisahkan oleh lautan dengan daratan Asia maupun Australia. Bekas daratan Asia yang menjadi dasar lautan disebut dengan paparan sunda, sedangkan bekas daratan yang menghubungkan Indonesia timur dengan daratan Australia disebut paparan sahul. Keberadaan masyarakat awal indonesia diketahui dan didukung oleh beberapa teori dan pendapat yang dikemukakan oleh tokoh-tokoh ahli seperti prof. Moh. Yamin, Drs. Moh Ali dll

3. Bagaimanakah pendapat Hogen tentang keberadaan asal-usul bangsa Indonesia?

Jawaban : 

. Hogen menyatakan bahwa bangsa yang mendiami daerah pesisir Melayu berasal dari Sumatera. Bangsa ini bercampur dengan bangsa Mongol yang kemudian disebut bangsa Proto Melayu dan Deutro Melayu. Bangsa Proto Melayu (melayu tua) menyebar di wilayah sekitar Indonesia tahun 1300 SM- 1500 SM. Sedangkan bangsa Deutro Melayu (melayu muda) menyebar di wilayah Indonesia sekitar tahun 1500 SM-500 SM.

4. Mengapa Brandes mengatakan bahwa bangsa Indonesia memiliki banyak persamaan dengan bangsa-bangsa lain pada daerah-daerah yang membentang dari utara Formosa, barat Madagaskar, selatan Jawa dan Bali, serta timur daerah tepi barat Amerika?

Jawaban : 

Dr. Brandes yang dikirim ke Indonesia tahun 1884 menyatakan bahwa bangsa yang bermukim di kepulauan Indonesia memiliki banyak persamaan dengan bangsa-bangsa pada daerah-daerah yang membentang dari sebelah utara pulau Formosa, sebelah barat daerah Madagaskar, sebelah selatan yaitu tanah Jawa, Bali; sebelah timur sampai ke tepi pantai barat Amerika. Penyelidikan atau penelitian yang dilakukan oleh Brandes melalui perbandingan bahasa.

5. Bagaimanakah keadaan bumi pada zaman Paleozoikum dan makhluk apa saja yang sudah hidup di zaman tersebut, jelaskan !

Jawaban : 

Zaman Paleozoikum berusia sekitar 340 juta tahun. Pada zaman ini keadaan bumi masih belum stabil dan masih terus berubah-ubah. Namun demikian tanda-tanda kehidupan sudah mulai tampak pada zaman ini, yaitu makhluk hidup bersel satu atau mikroorganisme. Disamping itu, pada zaman ini sudah muncul makhluk hidup lainnya sejenis ikan, amphibi, reptil dll. Zaman ini juga disebut zaman premier zaman pertama.

Simak Juga : Contoh Soal Akulturasi Islam dan Budaya Nusantara

6. Sebut dan jelaskan salah satu teori tentang asal usul manusia Indonesia !

Jawaban : 

Pendapat Drs. Moh. Ali : Menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunan. Pendapat Moh. Ali ini dipengaruhi pendapat Moens yang berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Mongol dan terdesak oleh bangsa-bangsa yang lebih kuat. Akibat terdesak, mereka menyebar kearah selatan hingga sampai ke wilayah Indonesia, menurutnya nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari hulu-hulu sungai besar di Asia dan kedatangannya di Indonesia secara bergelombang tahun 3000 SM-1500 SM dan tahun 1500 SM-500 SM

7. Sebutkanlah beberapa teori yang sehubungan dengan kemunculan masyarakat pertama di dunia dan Indonesia !

Jawaban : 

Teori-teori tersebut adalah :

Teori kemunculan bangsa Austro-Melanesoid di Indonesia

Menurut Teuku jacob, bangsa Austro-Melanosoid menjadi nenek moyang bangsa kita. Meskipun asalnya tidak dijelaskan secara pasti, Teuku Jacob menyebutkan bahwa ras Austro-Melanosoid meninggalkan berbagai bukti fisik yang dapat menjadi alat/cara untuk menurut bangsa awal apa yang ada di Nusantara. Kemudian mereka menyebar ke dua arah, yaitu ke arah timur dan barat. Mereka menyebar arah timur yang akhirnya menduduki Pulau Irian. Fosil manusia purba yang ditemukan di Irian berasal dari jenis Homo Wajakensis. Di tempat ini mereka hidup dengan cara berburu dan meramu. Bangsa Austro-Melanosoid mengembangkan kebudayaan pantai dan tinggal di tepi-tepi pantai. Karena itu banyak ditemukan lukisan-lukisan di berbagai dinding di gua serta pembuatan perahu bercadik. Abris Sous Roche (tempattempat perlindungan dibawah karang). Sementara di bagian barat peninggalan ras Austro-Melanosoid meninggalkan jejak berupa berbagai alat batu dan perkampungan-perkampungan Kyokenmoddinger di muara-muara sungai

Teori kedatangan bangsa Melayu Austronesia

Bangsa Austronesia dibedakan atas Austro-Asia dan Austronesia. AustroAsia merupakan akar dari bangsa-bangsa Khmer di Kampuchea, Malaysia, dan Semenanjung Malaya. Sedangkan bangsa Austronesia menyebar ke Indonesia melalui Sulawesi Utara dan Filiphina. Salah satu cabang keturunan bangsa Austronesia adalh Melayu. Bangsa ini dibagi atas dua jenis yaitu Proto Melayu (melayu pertama/tua) dan Deutero Melayu (melayu muda). Pembedaan tersebut didasarkan pendapat bahwa bangsa Proto Melayu lah yang pertama kali datang di Indonesia. Kedatangan bangsa Proto Melayu tersebut terjadi pada masa Neolithikum (zaman batu baru). Sementara Deutero Melayu datang ke Indonesia pada masa perunggu. Kebudayaan yang lebih tinggi dibawa oleh bangsa Melayu Muda. Dengan demikian, terjadi perkembangan budaya yang dimiliki oleh penduduk awal Indonesia. 

8. Pendekatan-pendekatan apa sajakah yang dapat dilakukan untuk melacak asal-usul kehidupan manusia dan masyarakat awal di Indonesia, sebut dan jelaskan !

Jawaban : 

Pendekatan-pendekatan tersebut adalah :

  • Berdasarkan rumpun Kebahasaan

Menurut penelitian, penduduk di wilayah Indonesia (selain orang Irian dan Halmahera) mempunyai banyak persamaan dalam hal ras, kebudayaan, serta bahasa. Dengan menggunakan hukum-hukum suara, kita bisa menemukan adanya rumpun kebahasaan. Bahkan dengan mengetahui bahasa itu kita bisa merunut bangsa.

  • Berdasar temuan Arkeologis

Dari penemuan berbagai fosil di beberapa tempat, kita bisa menguak sedikit bagaimana kehidupan manusia pada masa-masa awal peradaban. Setidaknya ada tiga fosil yang bisa dijadikan pembuka tabir kehidupan manusia di masa lampau.

9. Sebutkanlah beberapa ciri-ciri biologis dari pithecanthropus erectus !

Jawaban : 

Ciri-cirinya adalah :

  • Memiliki volume otak 900 cc
  • Tulang kening sangat menonjol ke muka
  • Dahi dapat dikatakan tidak ada
  • Tinggi kira-kira 1,65 m
  • Geraham lebih besar dari geraham manusia biasa dan masih menunjukkan sifat-sifat kera
  • Mulai berjalan tegak

10. Jelaskan bagaimana proses perkembangan biologis manusia di Indonesia !

Jawaban : 

Proses perkembangannya dapat dilihat dari :

  • Perkembangan anggota badan → perkembangan sikap tubuh biasanya diawali dengan kemampuan duduk tegak, berjalan tagak, dan berlari tegak serta diakhiri dengan berdiri tegak untuk waktu yang lama. Untuk bisa evolusi semacam ini diperlukan perubahan pada tulang  belakang, berpindahnya titik berat badan ke arah anggota badan bawah, serta kesiapan anggota badan bagian bawah untuk menampung berat badan seluruuhnya.
  • Perkembangan kepala → perubahan berikutnya adalah terjadi pada tengkorak (baik tengkorak muka maupun tengkorak otak). Perubahan tengkorak itu berkaitan erat dengan sistem pencernaan, pernafasan, dan evolusi otak.
  • Perkembangan otak → perkembangan otak membawa perubahan pada bentuk tengkorak, yaitu semakin tinggi dan membulat ke muka, atas samping, dan belakang. Dengan perkembangan otak itu pual, menyebabkan manusia mengalami perubahan dalam cara hidupnya misalnya dalam membuat peralatan dalam berburu hewan.

Sudah selesai membaca dan berlatih Soal Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia ini ? Ayo lihat dulu Soal Sejarah lainnya

Gambar Gravatar
Assalamualaikum wr.wb. Selamat belajar dan mengerjakan tugas. Lakukanlah terbaik yang kamu bisa, berbagai usaha, pengalaman dan latihan yang kamu lakukan saat ini, pasti bukanlah hal yang sia-sia di waktu yang akan datang.Tetap semangat ya belajarnya.. saya mendoakan yang terbaik untuk kamu yang rajin belajar.. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *