Contoh Soal Kesebangunan dan Kekongruenan Pilihan Ganda dan Jawabannya beserta Pembahasan – Materi ini dipelajari oleh siswa SMP Sederajat, Kesebangunan meruppakan kesamaan perbandingan panjang sisi dan besar sudut antara dua buah bangun datar atau lebih. Definisi kesebangunan ini berlaku umum untuk setiap bangun datar.

Kekongruenan Bangun Datar

Dua bangun yang mempunyai bentuk dan ukuran yang sama dinamakan kongruen. Dua bangun segi banyak (poligon) dikatakan kongruen jika memenuhi dua syarat, yaitu:

  • Sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang.
  • Sudut-sudut yang bersesuaian sama besar

Sudut-sudut yang bersesuain:

A dan ∠J mA = mJ

B dan ∠K mB =mK

C dan ∠L mC = mL

D dan ∠M mD = mM

Sisi-sisi yang bersesuaian:

AB dan JKAB = JK

BC dan KLBC = KL

CD dan LMCD = LM

DA dan MJDA dan MJ.

Jadi, Dua bangun datar dapat dikatakan sebangun apabila setiap sisi-sisi dari kedua bangun tersebut memiliki tingkat atau nilai perbandingan yang sama. Sementara itu dua bangun datar dapat dikatakan kongruen apabila diantara kedua bangun datar tersebut memiliki bentuk, ukuran dan besar sudut yang sama. Berikut ini 20 butir contoh soal kesebangunan dan kekongruenan.

1 – 10 Soal Kesebangunan dan Kekongruenan dan Kunci Jawaban

Lihat Juga : Soal Deret Geometri Tak Hingga Pilihan Ganda [+Penyelesaian]

11 – 20 Soal Kesebangunan dan Kekongruenan dan Pembahasan

Simak Juga : Soal Aturan Sinus, Cosinus Luas Segitiga Trigonometri Pilihan Ganda

Kesimpulan

Membandingkan dua benda secara geometris dapat dilihat dari dua aspek, yaitu bentuk dan ukurannya. Satu benda yang memiliki bentuk yang sama tapi dengan ukuran berbeda banyak dijumpai atau digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, miniatur bangunan dan bangunan itu sendiri. Peta suatu daerah dengan daerah sesungguhnya dan lain-lain.

Dua benda yang memiliki bentuk yang sama tetapi ukurannya berbeda disebut sebangun. Adanya kesebangunan antara dua benda akan berguna untuk mengungkapkan informasi berkaitan dengan benda kedua dengan memanfaatkan informasi pada benda pertama atau sebaliknya.

Kesebangunan atau kekongruenan bangun datar merupakan bagian dari materi matematika yang dinilai relatif sulit bagi siswa terutama pada sub bab pokok bahasan kesebangunan segitiga. Siswa masih kesulitan untuk menentukan kesebangunan segitiga. Salah satu kompetensi dasar adalah mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen.

Tujuan Pembahasan

  • Untuk mengetahui kekongruenan bangun datar.
  • Untuk mengetahui kekongruenan dua segitiga.
  • Untuk mengetahui dengan kesebangunan bangun datar.
  • Untuk mengetahui dengan kesebangunan dua segitiga.

This post was last modified on Mei 22, 2020 1:29 am